selamat datang di blogku "my virtual"

Jumat, 08 Juni 2012

INAFIS


INAFIS (Indonesian Automatic Fingerprint Identification) merupakan sebuah sistem identifikasi yang memiliki pusat data serta merekam setiap individu, warga negara indonesia tak terkecuali bayi baru lahir. Setiap warga akan memiliki kartu yang benar-benar cerdas karena chips yang terbenam didalam kartu mereka seluruh biodata kehidupan pemegang.
Polri meluncurkan kartu Inafis atau Indonesian Automatic Fingerprint pada Selasa (17/4/2012) yang merupakan program 'Quick Wins'. Quick Wins adalah program reformasi Polri yang meliputi Quick Response, Transparansi Pelayanan SIM, STNK dan BPKP, Transparansi Proses Sidik serta Transparansi Rekruitmen Personel.
Yang saya ketahui keuntungan dari INAFIS ini adalah berguna bagi bank data sidik jari. Meski tidak diharapkan, apabila memiliki kartu inafis maka bisa langsung dikenali lewat sidik jari. Namum disisi lain dalam pembuatan INAFIS memerlukan biaya sebesar 35.000,-. Namun diIndonesia sudah terdapat E-KTP atau elektronik KTP yang fungsinya sama dengan dengan inafis. Jadi menurut saya pembuatan inafis hanya membuang anggaran negara saja karena untuk membeli peralatan pembuatan inafis.

REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar