selamat datang di blogku "my virtual"

Rabu, 05 Januari 2011

Budaya Organisasi

Budaya Organisasi  adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya.

Tujuan penerapan budaya organisasi adalah agar seluruh individu dalam perusahaan atauorganisasi mematuhi dan berpedoman pada system nilai keyakinan dan norma-norma yang berlaku dalam perusahaan atau organisasi tersebut.

Sumber-sumber budaya organisasi
Menurut Tosi, Rizzo , Carrol budaya organisasi dipengaruhi oleh beberapa factor : 
  •  Pengaruh umum dari luar yang luas, Mencakup factor-faktor yang tidak dapat dikendalikan atau hanya sedikit dapat dikendalikan oleh organisasi
  •  Pengaruh dari nilai-nilai yang ada di masyarakat, keyakinan-keyakinan dan nilai-nilai yang dominan dari masyarakat luas misalnya kesopansantunan dan kebersihan 
  •  Faktor-faktor yang spesifik dari organisasi, Organisasi selalu berinteraksi dengan lingkungannya.keberhasilan menagtasi berbagai masalah merupakan dasar bagi tumbuhnya budaya organisasi.


Fungsi Budaya Organisasi
1.       Budaya menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain
2.       Budaya membawa suatu rasa identitas bagi anggota-anggota organisasi
3.       Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang berlebih luas daripada kepentingan diri individual seseorang
4.       Budaya merupakan perekat social yang membantu mempersatukan organisasi itu dengan memberikan standar-standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan
5.       Budaya sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap serta perilaku dan karyawan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar