selamat datang di blogku "my virtual"

Sabtu, 21 April 2012

create, insert, select, update pada oracle

·         Membuat Tabel
gbr 1. Create table mahaiswa
Logika
                Sintaks untuk pembuatan tabel, CREATE TABEL nama_table (nama_kolom tipe_data [not null], nama_kolom tipe_data [not null], .....);
Pada gambar  1 nama_table diberi nama “mahasiswa” yang artinya kita ingin membuat tabel mahasiswa. Nama_kolom kita beri nama nama, dengan tipe data varchar dan lebar kolom 10 digit.
 Setelah menjalankan perintah tersebut , maka akan muncul Table created  yang berarti tabel tersebut telah berhasil dibuat.
Untuk memeriksa stuktur tabel yang kita buat dengan nama kolom dan tipe data dilakukan dengan perintah DESCRIBE atau dengan sintaks desc nama_kolom. desc mahasiswa1.

·         Memasukan Data
Gbr 2. Memasukan insert
Logika
                Perintah insert berfungsi untuk memasukkan satu buah record secara satu persatu. Berguna apabila memasukkan data yang sedikit. Sintaks yang kita pakai adalah INSERT INTO nama_tabel VALUES (nilai1, nilai2, ....);. Contoh nilai1 =’tasya’ maka akan masuk kedalam kolom Nama, nilai2 =’101019321’ akan masuk kedalam kolom Npm, dan seterusnya.

·         Menampilkan Data
Gbr 3. Menampilkan data
Logika
                Dengan menggunakan sql kita dapat menampilkan data dari database dengan berbagai macam cara. Sintaks dari data perintah SELECT adalah SELECT nama_kolom FROM nama_tabel. Apabila ingin menampilkan semua kolom dapat menggunakan sintak SELECT * FROM nama_tabel. Maka semua kolom akan muncul, contoh perintah sql untuk menampilkan data dari tabel mahasiswa Sql> select*from mahasiswa;.

·         Memodifikasi Data
Gbr 4. Update data
Logika
                Perintah Update (memanipulasi) digunakan untuk mengganti satu atau beberapa buah data yang telah ada di dalam tabel. Sintaks yang digunakan apabila mengupdate satu persatu UPDATE nama_tabel SET kolom1 = nilai1 WHERE kondisi. Contoh update mahasiswa1 set alamat=’palembang’ where nama=’tasya’;
                Namun apabila ingin mengganti alamat mahasiswa dari semua mahasiswa dengan alamat palembang,  dengan menggunakan Sql> update mahasiswa1 set alamat=’palembang’;. Maka akan terupdate semua seperti pada gambar 4.

1 komentar:

  1. maaf mau tanya ini oracle apa yah buat didonlot mba hehe...makasih yah

    BalasHapus