selamat datang di blogku "my virtual"

Sabtu, 21 April 2012

Lemahnya Infrastruktur di Indonesia

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dan vital untuk  mempercepat proses pembangunan nasional. Infrastuktur itu sendiri merupakan sarana yang diberikan oleh negara untuk menunjang masyarakat yang ada dalam negara tersebut. Infrastruktur juga memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Ini mengingat gerak laju dan pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak dapat pisahkan dari ketersediaan infrastruktur seperti transportasi, telekomunikasi, sanitasi, dan energi. Tanpa sarana-sarana tersebut, maka masyarakat akan lebih sulit mendapatkan kemudahan dalam menjalankan aktifitasnya.

Sedangkan pembangunan infrastruktur indonesia sungguh mendesak. Dikarenakan buruknya infrastruktur sangat berdampak pada insflasi dan daya saing sektor industri manufaktur. Sebagai contoh bervariasinya harga barang yang sangat tinggi, “ harga semen di papua bisa 4 kali lipatnya 
dibandingkan harga di pulau jawa.

Cuaca yang tidak kondusif pun membuat keadaan semakin buruk, sehingga berdampak pada keterlambatan distribusi pangan yang akhirnya berakibat pada inflasi pangan, yang kemudian mendorong inflasi turun secara keseluruhan.
Namun pembangunan infrastruktur indonesia saat ini merupakan langkah yang tepat dalam meringkan krisis, namum masih banyak kendala-kendala yang masih belum terselesaikan. Dan masih diperlukan strategi-strategi komprehentif yang dimulai dari identifikasi hambatan yang dihadapi, alternatif solusi untuk mengatasi hambatan tersebut,sampai fokus pembangunan di indonesia.



 Dikutip dari

1 komentar: